How to Prepare Delicious Celimpungan Palembang

Celimpungan Palembang. Resep Celimpungan, Gaya Unik Orang Palembang Menikmati Pempek. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Celimpungan merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan tepatnya di Palembang.

Celimpungan Palembang Makanan khas palembang ini memang belum banyak yang tahu apalagi kenal. Yuk kenalan dulu apa itu celimpungan. #ResepCelimpunganIkan #ResepKuahCelimpungn #ResepTekwankuahSantan Assalammu a'laikum resep celimpungan palembang asli Resep celimpungan khas. Kesultanan Palembang Darussalam adalah suatu kerajaan Islam di Indonesia yang berlokasi di sekitar kota Palembang, Sumatra Selatan sekarang. You can cook Celimpungan Palembang using 20 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Celimpungan Palembang

  1. It's 500 gr of ikan tenggiri.
  2. Prepare 350 ml of air.
  3. It's 2 btr of telur.
  4. Prepare 2 sdm of garam (Aslinya 250 gr, terlalu asin buat saya).
  5. You need 1 sdm of kaldu jamur(aslinya 150 gr).
  6. You need 350 gr of sagu tani.
  7. It's of Bahan kuah:.
  8. Prepare 2 ltr of santan sedang / susu cair.
  9. It's of Garam, gula pasir, kaldu jamur, gula merah sisir secukupnya.
  10. You need 1/2 sdt of lada bubuk.
  11. You need of Bumbu halus:.
  12. Prepare 10 bh of bawang merah.
  13. It's 5 bh of bawang putih.
  14. You need 1/2 sdm of ketumbar.
  15. It's 5 bh of kemiri.
  16. Prepare 1 ruas of kunyit.
  17. Prepare of Bahan taburan :.
  18. You need of Daun bawang iris secukupnya.
  19. It's secukupnya of Bawang merah goreng.
  20. You need of Sambal rawit hijau(haluskan cabe rawit + bawang putih).

Kesultanan ini diproklamirkan oleh Sri Susuhunan Abdurrahman. Celimpungan merupakan olahan ikan khas Palembang. Seperti pempek, celimpungan juga menggunakan sagu. Hanya saja, perbedaannya terletak pada kuah yang disajikan.

Celimpungan Palembang instructions

  1. Campur semua bahan ikan kecuali sagu sampai rata dan kental.
  2. Campur sagu tani, aduk pake centong.
  3. Bentuk bulatan agak besar dgn 2 buah sendok, lalu rebus ke dlm air mendidih yg sdh diberi sedikit garam dan minyak makan.
  4. Buat kuah: Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan santan / susu (saya pake susu), masak sampai mendidih lalu di beri bumbu2 dan di tes rasanya.
  5. Penyajiannya: Taruh celimpungan di dalam mangkok secukupnya, lalu siram kuah panas beri taburan daun bawang dan bawang goreng, blh tmbh sambal cabe rawit, mantaap👍.

Celimpungan, Santapan Berbuka Khas Palembang Kota palembang bisa dibilang salah satu surganya kuliner nusantara. Celimpungan adalah makanan yang berasal dari Sumatra Selatan. Bahan dasar celimpungan adalah adonan sagu dan ikan seperti halnya empek-empek yang juga berasal dari Sumatra Selatan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada bentuk dan kuahnya. Palembang tidak hanya terkenal dengan pempeknya yang nikmat, selain itu juga terdapat jenis makanan yang menyerupai pempek namun beda dalam penyajiannya, ialah Celimpungan.

Comments