How to Make Appetizing Ayam Rica-rica Rumahan

Ayam Rica-rica Rumahan. Inilah rahasia bumbu masakan ayam rica rica dan petunjuk cara membuat rica rica ayam. Resep rica rica sendiri sebenarnya tidak harus menggunakan bahan daging ayam saja. Cita rasa pedas menjadi ciri khas resep yang tergabung dalam masakan indonesia yang satu ini.

Ayam Rica-rica Rumahan Resep Ayam Rica-Rica - Apabila kita mendengar bumbu rica-rica mungkin pikiran kita akan mengarah pada masakan khas Manado. Jadi ayam rica-rica ini menjadi salah satu makanan andalan yang biasa di suguhkan dalam berbagai acara. Rica rica adalah salah satu bumbu dasar pedas khas negara kita yang berasal dari Manado. You can cook Ayam Rica-rica Rumahan using 16 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Ayam Rica-rica Rumahan

  1. It's 1.5 kg of ayam.
  2. It's 2 batang of serai.
  3. It's 2 lembar of daun salam.
  4. It's secukupnya of Garam.
  5. You need 1 buah of bawang bombay.
  6. Prepare of Bumbu.
  7. You need 6 siung of bawang merah.
  8. You need 6 of siang bawang putih.
  9. Prepare 3 buah of cabe besar.
  10. Prepare 3 buah of cabe keriting.
  11. You need 5 biji of kemiri.
  12. Prepare 1 sendok of Ketumbar.
  13. You need of Merica bubuk.
  14. It's secukupnya of Garam.
  15. Prepare secukupnya of Gula.
  16. It's secukupnya of Air.

Bumbu ini bisa dibilang juga bumbu dasar sehingga bisa Seperti ayam rica rica, menthok rica rica, bebek rica rica ataupun lainnya. Nah untuk saat ini, kita akan memberikan resep spesial dari ayam dan bumbu. Yuk, cari tahu cara masak resep ayam rica rica pedas manis! Sajian familiar di tanah Jawa meskipun aslinya dari Manado.

Ayam Rica-rica Rumahan step by step

  1. Potong-potong ayam dan cuci dengan kunyit untuk menghilangkan amis.
  2. Siapkan panci untuk mengukus ayam. Pada air di bawah saringan, masukkan serai yang sudah digeprek, garam, dan bawang putih geprek. Atur ayam pada bagian atas saringan, lalu kukus hingga ayam matang..
  3. Goreng ayam hingga setengah matang.
  4. Siapkan bumbu : Ketumbar disangrai lalu gabungkan dengan semua bahan bumbu untuk diblender hingga halus.
  5. Tumis bumbu yang telah diblender. Masukkan daun salam serta tambahkan garam dan gula secukupnya.
  6. Masukkan ayam yang telah digoreng ke bumbu lalu diaduk hingga bumbu meresap. Untuk membantu bumbu lebih menempel, boleh tambahkan saos tomat. Lalu ayam rica rica siap dihidangkan.

Orang Indonesia sudah mengenai bumbu rica khas Manado sejak lama. Meskipun kita adalah masyarakat pencinta cabai dan rasa pedas, tetap saja ada. Resep ayam rica rica asli Manado terkenal dengan resep olahan ayam pedasnya dengan menggunakan cabe rawit merah. Dari namanya sudah jelas yakni rica rica yang berarti rasa pedas, maka sudah tentu cita rasa pedas akan lebih dominan sehingga dapat membangkitkan selera makan. Ayam bumbu merah dengan cabe yang pedas dan menyehatkan ini memang disukai banyak orang.

Comments