Easiest Way to Make Tasty Paliat ikan jelawat masakan khas Tabalong

Paliat ikan jelawat masakan khas Tabalong. Kali ini saya masak gangan paliat ikan patin, masakan khas Tabalong-Kalimantan Selatan. Paliat makanan khas tanjung tabalong ini kami coba di area mabuun,buka.pada hari jumat setiap minggunya. Paliat adalah makanan khas Tabalong, berasal dari kata kelapa dan liat (lekat) yang artinya santan kental.

Paliat ikan jelawat masakan khas Tabalong Daging ikan jelawat yang putih dan lembut berpadu dengan segarnya kuah yang berwarna cokelat kehitaman, memberikan pengalaman baru untuk lidah hanya lewat satu suapan pertama. Masakan paliat sendiri terdiri dari santan kental yang dicampur dengan berbagai macam ikan sungai seperti ikan Baung dan ikan Patin serta jenis ikan laut garam dapur sesuaikan. Cara membuat Gangan Paliat : Bersihkan terlebih dahulu ikan gabus / ikan baung dengan mencucinya hingga bersih. You can cook Paliat ikan jelawat masakan khas Tabalong using 10 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Paliat ikan jelawat masakan khas Tabalong

  1. Prepare 6 iris of ikan jelawat ukuran sedang.
  2. It's 6 of kemiri yang sudah disangrai.
  3. It's of 5 siung bawang merah.
  4. You need 3 siung of bawang putih.
  5. You need 1 ruas of kunyit.
  6. Prepare 1 of ruang laos.
  7. It's 1 batang of serai.
  8. Prepare secukupnya of Terasi.
  9. You need of Kelapa parut.
  10. Prepare of Jeruk limau kuwit.

MASAKAN KHAS TABALONG-KALIMANTAN SELATAN от : Erma & Dapur Azalia Assalaamu'alaykum. Kali ini saya masak gangan paliat ikan patin, masakan khas Tabalong-Kalimantan Selatan. Paliat, kuliner khas Tabalong di Kalimatan Selatan ini mungkin tak cocok untuk yang berkolesterol tinggi. Paliat berasal dari kata kelapa dan liat.

Paliat ikan jelawat masakan khas Tabalong instructions

  1. Bersihkan ikan beri jeruk limau kuwit dan garam sisihkan.
  2. Bawang merah, bawang putih kemiri sangrai dan kunyit di haluskan.
  3. Peras kelapa parut ambil santannya.
  4. Masukkan bumbu halus masuk laos dan serai yang udah digeprik, masuk ikan dan santan cek rasa kasih garam, gula, penyedap, tarasi masak sampai mendidih dan sambil diaduk pelan2 supaya ikan ga hancur dan santan ga pecah.
  5. Selamat mencoba.

Ikan jelawat termasuk sebagai hewan yang bersifat omnivora, namun cenderung ke herbivora. Meskipun ikan jelawat belum banyak di kenal orang dan tidak sefamiliar seperti ikan ikan mas, nila, patin. Masakan khas Kalimantan Selatan yang satu ini berasal dari daerah bernama Desa Paliat yang ada di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Masakan khas Kalimantan Selatan selanjutnya adalah nasi itik Gambut. Tidak tahu kapan makanan ini mulai tenar.

Comments