How to Prepare Yummy Hampap khas KalSel (Ikan Asin Masak Santan)

Hampap khas KalSel (Ikan Asin Masak Santan). Iwak Karing Batanak adalah Ikan Asin yang dimasak dengan santan khas Banjar Kalimantan Selatan. Cita rasanya asam manis asin gurih segar dan Keaneka ragaman kuliner suku Banjar Kalimantan Selatan. Iwak Karing batanak atau ikan asin masak santan.

Hampap khas KalSel (Ikan Asin Masak Santan) Ikan asin yang dipergunakan biasanya ikan asin Tengiri atau ikan asin Talang dalam bahasa Banjar. Ikan asin bakar santan adalah olahan ikan asin dengan proses pemanggangan yang kemudian di rendam di air mendidih untuk mengurangi rasa asin lalu dengan Iwak Karing Batanak Khas Banjar Kalimantan Selatan Makanan khas Banjarmasin Kalsel berikutnya ada bubur baayak yang mempunyai warna coklat dengan paduan cita rasa manis dan gurih. You can have Hampap khas KalSel (Ikan Asin Masak Santan) using 16 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Hampap khas KalSel (Ikan Asin Masak Santan)

  1. It's 4 potong besar of ikan Asin Telang yang baru dibuat (resep aslinya pakai 2 potong bagian kepala, 2 potong bagian ekor).
  2. It's 130 ml of santan.
  3. Prepare 500 ml of air (atau jika ingin lebih kental bisa dikurangi sesuai selera).
  4. It's of Bumbu Iris.
  5. It's 5 siung of bawang merah.
  6. It's 4 siung of bawang putih.
  7. It's 4 of cabai merah keriting (bisa diganti cabai merah besar).
  8. Prepare 4 of cabai hijau besar.
  9. Prepare 2 buah of tomat (resep aslinya 2 buah belimbing wuluh).
  10. You need of Bumbu Cemplung.
  11. You need 1 ruas jari of kunyit.
  12. Prepare 1 ruas jari of laos.
  13. Prepare 2 batang of sereh (ambil bagian putihnya), memarkan.
  14. You need of Bumbu Lainnya.
  15. You need Secukupnya of garam.
  16. You need Secukupnya of gula.

Berbahan dasar ikan haruan yang telah dijemur setengah kering kemudian dimasak dengan bumbu khusus, hampap mempunyai rasa yang sangat lezat. Ikan seluang adalah ikan sungai yang mudah ditemukan di kawasan air Banjarmasin. Kalau di Jakarta, dikenal ikan teri yang diolah menjadi beraneka macam makanan. Deretan makanan khas Banjarmasin yang terakhir yang bisa kamu coba adalah hampap. #masakanbanjar #kalsel #ganganhampap #kermak #ikangabus #asin #amuntai.

Hampap khas KalSel (Ikan Asin Masak Santan) instructions

  1. Rebus Ikan Asin dengan 1/2 liter air hingga setengah lunak (jika ingin kental bisa kurangi airnya).
  2. Masukkan irisan bawang merah, bawang putih, beserta bumbu cemplung..
  3. Masukkan santan, lalu aduk perlahan agar santan tidak pecah. Aduk hingga mendidih.
  4. Masukkan cabai merah dan hijau, masak hingga layu. Lalu masukkan irisan tomat.
  5. Sajikan ☺️.

Iwak Karing Masak Asam Khas Banjar Kalimantan Selatan Membicarakan menganai makanan Khas Suku Sunda ini, sudah pasti sahabat pasti langsung berfikir tentang rasa yang manis. Padahal Sahabat, Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda ini tidak hanya dikuasai oleh cita rasa yang manis saja Sahabat, tetapi juga ada cita rasa lain seperti Gurih Asin. Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya yang juga cukup terkenal dari kaswasan ini adalah ketupat Kandangan. Untuk bahan pelengkap, biasanya ketupat ini disajikan dengan ikan haruan atau ikan gabus.

Comments