How to Make Delicious Ikan Tongkol Dabu-Dabu

Ikan Tongkol Dabu-Dabu. Hidangan ikan tongkol goreng bumbu sambal dabu-dabu adalah salah satu menu lezat. Hidangan ini cocok sekali dihidangkan sewaktu makan siang, sebab hidangan ini dibuat dengan sambal dabu-dabu yang lezat dan pedas. Apalagi disantap dengan sepiring nasi hangat yang pulen, akan semakin.

Ikan Tongkol Dabu-Dabu Meskipun proses pembuatan ikan dabu-dabu sangat mudah kebanyakan masyarakat akan lebih memilih untuk menikmati olahan ikan dabu-dabu di luar dari pada harus membuatnya di rumah. Melihat potensi bisnis ikan bakar dabu-dabu yang sangat menguntungkan sebaiknya dapat Anda. Bumbui dengan garam, merica dan gula sesuai selera. You can cook Ikan Tongkol Dabu-Dabu using 6 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Ikan Tongkol Dabu-Dabu

  1. It's 5 pack of ikan tongkol pindang yg isi 5.
  2. Prepare 2 butir of jeruk lemon sedang.
  3. You need 8 siung of bawang merah besar.
  4. Prepare 2 butir of tomat merah besar.
  5. It's 30 biji of rawit merah. (Boleh pakai rawit hijau).
  6. Prepare 2 sdt of garam.

Siram dabu dabu masak diatas ikan yang telah di goreng tadi. Beri Daun Kemangi untuk menambah rasa dan aroma. Sambal dabu dabu ini cocok sebagai pelengkap masakan jenis ikan goreng dan ikan bakar atau aneka seafood, seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung, dll. Bagaimana tertarik untuk bikin sambal dabu dabu manado kecap Sulawesi Utara di rumah?.

Ikan Tongkol Dabu-Dabu step by step

  1. Cuci ikan tongkol pindang dengan air panas, lalu siram dengan air lemon(dari 1 butir lemon) dan sejumput garam. Biarkan 15 menit, kemudian cuci lagi dengan air matang, tiriskan..
  2. Goreng ikan tongkol pindangnya selama 10 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Kita siapkan sambal dabu2nya. Rajang bawang merah, tomat dan rawit seperti persiapan mau numis..
  4. Lalu di ulek kasar dengan ulekan/cobek sampai keluar air tomatnya. (Bisa pakai blender tapi jadinya malah terlalu halus, sy lebih suka pakai cobek). Kasih garam 2 sdt..
  5. Panaskan minyak 5 sdm kemudian tuang ke ulekan. Potong lemon dan peras di atas sambal dabu2nya. Aduk rata..

Katanya dabu-dabu itu jadi salah satu kunci membuat ikan bakar yang super lezat. Di sana ikan tidak ada yang masuk pembeku. Kalau mau ikan tongkol yang bertekstur lebih kering langsung bakar saja di atas pemanggang. Tapi sebentar saja soalnya bumbu sudah meresap sepenuhnya. Paduan ikan gurame sambal dabu-dabu sungguh menggoda dan bisa kamu masak di rumah.

Comments